Solusi Ampuh Jika Anda Kena Blacklist Google

Solusi Ampuh Jika Anda Kena Blacklist Google

Apakah situs web bisnis Anda pernah terkena daftar hitam / blacklist Google? Atau apakah Anda takut bahwa suatu hari itu akan terjadi pada situs web Anda? Diskusi dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa situs web Anda telah atau dapat dimasukkan ke dalam daftar hitam google, dan langkah-langkah apa yang dapat Anda ambil untuk mencegah hal ini terjadi.

Google, seperti kita semua tahu, adalah situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia. Setiap hari, jutaan orang bertanya kepada Google. Google memberikan jawaban dalam bentuk halaman web dan tautan situs web yang dapat Anda akses untuk mendapatkan informasi sesuai dengan pertanyaan Anda. Google memastikan orang tidak sengaja mengunjungi situs web berbahaya melalui mesin pencari mereka. Karenanya Google memindai situs web yang mungkin berisi malware, perangkat lunak yang tidak diinginkan, mekanisme phishing atau backlink yang buruk, dan hal-hal lain yang bertentangan dengan kebijakannya.

Solusi Ampuh Jika Anda Kena Blacklist Google

Alasan Google memasukan ke Daftar Hitam (Black List)

Jika Google menemukan sesuatu yang mencurigakan, daftar situs web akan muncul di mesin pencari. Akibatnya, situs web yang dicurigai ini akan kehilangan semua lalu lintas di Google. Bagaimana jika ini terjadi? Ketika Anda kehilangan akses dari Google, bersiaplah untuk tidak hanya kehilangan lalu lintas tetapi juga pelanggan dan penjualan, yang menyebabkan kerugian besar bagi perusahaan Anda. Setiap hari, Google bekerja ke daftar hitam lebih dari 10.000 situs web. Jika itu terjadi di situs web Anda, dua hal dapat terjadi:

  1. Hapus Dari Google

Situs web Anda dan semua halaman web yang Anda miliki tidak akan ditampilkan dalam hasil pencarian Google dan dimasukkan ke dalam daftar hitam google sampai suatu hari nanti dapat dikembalikan lagi.

  1. Pesan Peringatan

Browser situs web Anda akan menampilkan pesan peringatan yang memperingatkan pengunjung untuk tidak memasuki situs web. Pesan peringatan yang akan muncul secara umum sudah Anda ketahui. Ada tiga contoh peringatan yang ditujukan untuk situs web yang masuk daftar hitam oleh Google, seperti :

  • “Situs Ini Mengandung Malware”

Malware adalah perangkat lunak yang dimasukkan ke dalam situs web dan berisi kode berbahaya di dalamnya. Malware dapat membahayakan komputer Anda karena ditujukan untuk mengintip aktivitas pengguna, merusak file, dan lainnya. Jika situs web Anda mengandung malware ini atau memiliki tautan ke malware, maka situs web Anda akan masuk daftar hitam oleh Google dan menampilkan peringatan di situs web atau yang serupa, sehingga setiap orang yang mengunjunginya tahu bahwa situs web ini berbahaya.

 Blacklist Google

  • “Deceptive site ahead”

Situs web dapat menipu penggunanya, situs menipu di depan adalah salah satu jenis situs yang menyertakan elemen dan dirancang untuk menipu Google dan pengunjung. Situs web sampel akan ditambahkan ke daftar hitam google dan peringatan ini akan muncul setiap kali seseorang mencoba mengaksesnya, misalnya:

  1. Situs di mana ada tombol “Play” yang sebenarnya dimaksudkan untuk mengarah ke file unduhan
  2. Situs yang memiliki tautan untuk pergi ke halaman tertentu tetapi mengarahkan pengguna ke tempat lain,
  3. Situs yang berisi iklan dan mengarahkan pengunjung ke layanan selain yang diiklankan.
  • “Situs Ini Mungkin Dibajak”

Verifikasi Google dan pastikan bahwa domain Anda belum diretas, dan bahwa Anda telah memberantas virus berbahaya atau perangkat jahat dari situs Anda. Ini akan membuat Google tidak menampilkan peringatan pada halaman pengguna karena situs web Anda tidak berbahaya dan juga tidak akan dimasukkan dalam daftar hitam google.

Apa yang Perlu Anda Lakukan?

Langkah-langkah dasar yang kami sarankan untuk setiap situs web untuk tidak masuk ke daftar hitam Google adalah langkah-langkah berikut:

  1. Verifikasi Kepemilikan Domain

Ketika Google memberikan informasi bahwa situs web Anda diretas, sesegera mungkin memverifikasi kepemilikan domain situs web Anda. Jika Anda gagal dalam proses verifikasi domain, situs web Anda akan berpotensi kehilangan akses ke data di Google Search Console / Analytics.

  1. Lihat Plugin

Jika Anda menggunakan situs web WordPress, coba periksa kembali salah satu plugin dengan file JavaScript yang bisa berbahaya. Jika memang berbahaya, maka Anda akan melihatnya muncul di laporan keamanan Google Search Console. Untuk memastikan file tidak menginfeksi situs Anda lagi, hapus plugin sepenuhnya atau hapus file JavaScript.

  1. Instal Layanan Keamanan / Plugin

Langkah terbaik untuk menghapus malware (dan kode dan file yang terinfeksi lainnya dari situs web) adalah menginstal plugin / layanan aplikasi keamanan. Aplikasi keamanan akan memeriksa situs web Anda secara teratur untuk konten berbahaya dan menghapusnya tanpa Anda harus melakukan apa pun. Setelah selesai, hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah memindai ulang situs web Anda dengan Google Search Console, dan memperbaiki semua masalah yang terdaftar. Ini mungkin termasuk menghapus tautan, menghapus konten media, dan banyak lagi.